14.8.09

Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan

Bagaimana menurunkan berat badan dan menjaganya

Jika anda melihat proses penurunan badan, proses ini terlihat seperti sesuatu yang sederhana didunia : mengurangi makan, olahraga yang banyak, diet dan menjaga agar berat badan turun banyak. Terlihat seperti konsep yang sederhana bukan? dalam kenyataannya, jika anda pernah mempercayai proses penurunan badan lewat beberapa buku diet, majalah dan info-info penawaran, maka proses penurunan badan terlihat cepat, hanya dengan sekali diet atau alat yang praktis anda bisa menurunkan berat badan dengan drastis. Wow amazing bukan….? Tetapi anda harus ingat tidak semudah itu mendapatkannya anda harus membayar mahal untuk semuanya. 
Saran saya anda harus bijaksana dalam menghadapi beberapa penawaran tersebut. Sebenarnya beberapa dari penawaran info dan buku-buku tersebut kadang ada benarnya, tetapi terkadang produsen melebih-lebihkan masalah tersebut agar menarik banyak konsumen dan tujuan mereka mengkomersilkan barang tersebut hanyalah keuntungan dan uang. Penurunan berat badan secara cepat hanyalah sudut dari putaran saja (satu bagian dari proses penurunan berat badan), maksudnya harus ada usaha untuk mencapai hasil (bukan perkara yang instan). Dan masalah ini harus anda pahami dari awal. Karena apa? karena penurunan berat badan dengan cepat/instant bukan merupakan proses yang menetap (permanent) maksudnya anda bisa turun berat badan dengan drastis tetapi anda akan kesulitan untuk menjaganya dampaknya tubuh ideal tidak akan bertahan lama bahkan anda bisa naik berat badan menjadi 2kali lipat dari berat badan awal. 
Pemakaian obat diet tertentu terkadang menggiurkan juga tapi anda harus ingat, sehatkah obat tersebut terhadap tubuh? bagaimanapun juga konsultasikan ke dokter anda terlebih dahulu untuk mengetahui dampak dan fungsi terhadap tubuh kita. Maka, apakah kesimpulan anda dalam menurunkan berat badan? Obat/pil diet? atau diet dan berolahraga? dan sebagainya? Pertanyaan selanjutnya yaitu : Bagaimanakah diet dan olahrga yang tepat? Jawaban dari semua pertanyaan tersebut adalah kurang lebih 4.000 orang telah menurunkan berat badan dan menjaga berat badannya untuk tahun itu atau beberapa tahun selanjutnya. Untuk itu baca baik- baik artikel ini.

Apakah anda siap untuk mendapatkan rahasia sukses menurunkan berat badan? 
Menurut the National Weight Control Registry ( Badan Registrasi Pengontrolan Berat Badan ) Ada 4.000 orang yang berhasil menurunkan berat badan, dari sejumlah anggota National Weight Control Registry/NWCR tersebut diinfomasikan menemukan cara mereka sendiri dalam menurunkan berat badannya dan bisa menjaga penurunan berat badan tersebut/ permanent untuk tahun selanjutnya. Anggota dari nation weight control registry adalah pria dan wanita yang telah menurunkan berat badannya 30 pounds dalam setahun. Pada umumnya, anggotanya terdiri dari : 
• Turun berat badan kira – kira 70 pounds dan bisa menjaganya kurang lebih 6 tahun 
• Orang yang mencoba menurunkan berat badan dan tidak berhasil 
• Menggunakan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan 
• Penggunaan diet –diet yang berbeda dan bervariasi serta olahraga yang bisa menurunkan berat badan.
 Apakah anda siap dengan melihat fakta diatas, pertama yang perlu dipahami adalah tidak ada diet dan program latihan yang sempurna. Setiap anggota tersebut menemukan cara atau metodenya sendiri. 
Untuk itu rahasia utama dalam menurunkan berat badan adalah : kesediaan untuk bereksperimen dan tetap terus mencoba sampai anda menemukan pola makan dan latihan sesuai dengan hidup anda. Tetapi, meskipun tidak ada diet atau program latihan yang sesuai dengan seseorang, ada beberapa kebiasaan dan kepribadian seseorang yang bisa mensukseskan program penurunan berat badan. Selamat mencoba dan yakinkan diri anda untuk mendapatkan rahasia sukses selanjutnya.


Sukses Menurunkan Berat Badan No. 1 : Olahraga

Yakinlah tidak ada latihan khusus untuk anggota NWCR. Dilaporkan bahwa laki-laki membakar kira-kira 3.293 kalori per minggu sedangkan wanita membakar kalori kira-kira 2.545 per minggu. Para anggota melakukan aktivitasnya dengan menggunakan intensitas moderate (sedang) setiap harinya, dengan menggunakan level 5 pada Perceived Exertion Scale (Derajad yang dirasakan saat pengerahan tenaga) yang derajad latihannya dapat anda lihat di bawah. 
Ketika berolahraga, hal yang penting adalah mencatat intensitas latihan untuk meyakinkan langkah olahraga anda, apakah olahraga tersebut cukup untuk membantu mencapai tujuan, tetapi jangan terlalu memberatkan kerja paru – paru anda. Salah satu cara untuk mencatat intensitas latihan dengan menggunakan perceived exertion scale. Pada umumnya, untuk olahraga yang paling banyak adalah dengan menggunakan level 5-6. Jika anda menggunakan interval training (latihan dengan intensitas berubah-ubah tetapi pola latihan sama), anda harus menggantinya pada level 4-5 dan untuk aktivitas yang keras biasanya sampai level 8-9. Dan level 10 tidak direkomendasikan untuk olahraga pada umumnya. Untuk latihan yang lama, pelan gunakan PES pada level 5 atau dibawahnya.


Perceived Exertion Scale (PES): 
• Level 1: saya melihat TV dan memakan bon bons (snack ringan) 
• Level 2: saya merasa nyaman dan bisa memelihara latihan ini sepanjang hari 
• Level 3: saya masih nyaman,tetapi nafas saya sedikit lebih cepat 
• Level 4: saya sedikit berkeringat,tetapi masih nyaman dan masih bisa bercakap-cakap 
• Level 5: saya masih nyaman seperti diatas,saya lebih berkeringat dan masih mudah tuk berbicara 
• Level 6: saya masih bisa berbicara, tetapi nafasku berkurang sedikit 
• Level 7: saya masih bisa berbicara,tetapi saya tidak menginginkannya dan keringat saya bercucuran 
• Level 8: saya masih merespon pertanyaanmu dan masih bisa memelihara latihan ini untuk jangka waktu yang pendek • Level 9: saya mungkin menuju kematian 
• Level 10 : saya mati

Bentuk Olahraga yang paling popular adalah berjalan tetapi banyak juga yang melakukan angkat beban, naik sepeda dan juga aerobic. Olahraga pada level 5 ini dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Apa yang dapat kita pelajari dari bentuk latihan diatas adalah bahwa untuk langkah pertama kali adalah ambillah beberapa latihan untuk menurunkan berat badan daripada terus berfikir. Tetapi bukan berarti anda berpikir terus menerus (teliti) tiap malam untuk mendapatkan latihan yang tepat.

Menciptakan Kebiasaan Latihan Anda 
Sebelum anda panik karena mencoba untuk mendapatkan waktu latihan setiap harinya,ini sangat penting untuk dipahami bahwa tiap anggota NWCR tidak memulainya dengan latihan yang banyak. Ambillah waktu yang sesuai dengan kondisi tubuh anda, pelajari latihan yang anda sukai dan bentuk badan yang sesuai dengan gaya hidup anda. Berikanlah ijin dirimu sendiri untuk mengambil waktu tersebut dan mencoba dengan berbagai latihan yang berbeda.
 Membuat jadwal dan rutinitas latihan diperlukan karena latihan ini untuk jangka waktu lama bukan sekedar untuk beberapa hari atau minggu. Latihan dasar yang rutin termasuk didalamnya cardio,latihan penguatan dan fleksibility membantu anda membakar kalori,membentuk otot dan menjaga fleksibilitas jaringan lunak.

Membuat Program Untuk Diri Sendiri
Buatlah program untuk diri senidiri karena andalah yang tahu diri anda sendiri dan program yang anda buat mungkin tidak membuat anda merasa tertekan. dibawah ini masukan tentang poin-poin yang harus ada jika anda membuat program sendiri.
• Mulailah dengan Program Cardio.
Tahapan demi tahapan latihan ini mengajari bagaimana menyenangi program dasar cardio • Mulailah Dengan Latihan Penguatan
• Latihan Fleksibilitas (kelenturan)
• Membuat Program Latihan Lengkap

Tips and Triks Latihan
• Memisahkan rutinitas anda. Memisahkan seluruh latihan setiap hari dan anda akan memperoleh penurunan berat badan dan keuntungan tetap sehat
• Modifikasi intensitas anda. Jika anda pekerja keras,anda dapat memendekkan laithan anda untuk itu modifikasi intensitas anda untuk memperoleh waktu extra dalam jadwal latihan anda
• Anda dapat memasukkan aktivitas lainnya. Menyusun latihan memang penting,tetapi kegiatan umum dapat juga membakar kalori anda
• Anda dapat mengambil waktu anda. Penurunan berat badan secara permanen adalah proses yang perlahan-lahan dan merubah kebiasaan buruk. Berikan waktu pada diri anda untuk menentukan bagaimana membuat perubahan ini dan berikan waktu pada tubuh anda untuk menurunkan berat badan.

Sukses Menurunkan Berat Badan No. 2: Memakan Rendah Kalori, Diet Rendah Lemak
Tidak terlalu mengejutkan bila tahapan selanjutnya agar sukses menurunkan berat badan adalah diet. Sebagian besar dari anggota NWCR dilaporkan memakan makanan rendah kalori, diet rendah – lemak, dan para wanita anggota NWCR memakan 1.306 kalori perharinya (24,3% dari lemak) sedangkan anggota laki – lakinya memakan kira- kira 1.685 kalori perharinya ( 23,5% dari lemak). Yang menarik adalah kira-kira separoh dari anggota NWCR menggunakan program diet komersial (dari iklan tv atau radio) sedangkan sebagian lain menggunakan program diet yang dirancang dirinya sendiri. Bagaimanapunjuga dari jenis program diet yang diikuti berakhir dengan kesimpulan jenis diet yang sama.
Sebagai tambahan, sekitar 80% anggota dilaporkan sarapan setiap harinya,dan anggota yang sarapan terlihat memimpin dalam penurunan BMI (Body Mass Indeks) daripada orang yang melewatkan sarapan. Sebagai trik tambahan para member menghilangkan kalori dengan membatasi makanan, melihat porsi ukuran makanan dan menghitung jumlah kalori. Bukan kejutan yang besar bukan? Yang perlu diwaspadai disini adalah tentang apa yang anda makan adalah penting untuk menurunkan berat badan anda (pound/Kg)


Menciptakan Kebiasaan Diet Sehat Anda 
Apa yang anda lihat dari anggota NWCR? Sekali lagi tidak ada diet sempurna yang cocok untuk setiap orang. Jika masalah diet tersebut adalah masalah anda,dimanakah seharusnya anda memulainya? ini adalah petunjuk-pilihlah suatu program yang bisa diikuti oleh dirimu sendiri untuk jangka waktu yang lama. Untuk kebanyakan dari kami (anggota NWCR),diet tidak bekerja sangat baik dan seseorang menemukan bahwa membuat sedikit perubahan tentang bagaimana mereka memakan setiap harinya dan mereka lebih sukses,walaupun penurunan badan mereka lebih lambat.
Dengan banyaknya perbedaan pendekatan yang berbeda, mungkin membuat bingung untuk memulai diet. Jika anda tertarik untuk memulai dengan perubahan yang kecil, beberapa sumber dibawah ini bisa membantu anda dalam membuat rencana :
• Healthy Diet Checker. Sumber ini sederhana memulai degan kebiasaan makan anda sekarang dan memberitahu apakah diet anda sehat atau tidak
• Pantry Makeover.
• Avoid Diets and Make Real Change. Termasuk didalamnya merubah bagaimana anda makan setiap malamnya, menggunakan tips sehat dalam makan untuk membuat sedikit perubahan tanpa diet.
• 12 Weeks to Weight Loss. Dalam 12 minggu kursus, anda akan menemukan tujuan nutrisi setiap minggunya yang dapat membantu perubahan kecil dengan memfokuskan makanan yang sehat daripada diet. Bagaimana mengukur porsi makan,bagaimana menghitung kalori dan bagaimana memilih diet yang terbaik?
• Bagaimana menghitung kebutuhan kalori anda dan menggunakanya untuk menurunkan berat badan. Kebutuhan kalori dari anggota NWCR kira-kira dari 1.300 – 1600 kalori perharinya,kita mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda. Salah satu cara untuk menghitung kalori adalah dengan mengunakan BMR dan turunkanlah kalori anda dari sana.
• Seberapa jumlahukuran porsi anda. Apakah anda tahu berapakah satu porsi protein? Berapakah protein dari satu porsi keju? Hitunglah jumlah protein yang masuk dalam makanan anda perharinya
• Menghitung kalori anda. Membatasi kalori adalah salah satu cara lainya agar sukses menurunkan berat badan. Artikel tentang kandungan nutrisi dan kalori untuk bermacam-macam makanan sangat diperlukan
• Memilih buku diet yang benar bagi anda. Jika anda mengikuti program diet anda pasti bingung dengan program diet yang benar. Untuk itu pilihlah program diet yang sesuai dengan tujuan dan gaya hidup anda.

Sukses Menurunkan Berat Badan No. 3: Monitoring Diri sendiri





















Kebiasaan yang lain dari para anggta NWCR adalah menimbang diri mereka sendiri secara teratur. Kira-kira 44% dari anggota dilaporkan menimbang dirinya sendiri setiap harinya sedangkan 31% lainnya menimbang kurang lebih sekali dalam setiap minggunya. Ide menimbang ini bukan berdasarkan pada berapa jumlah timbangannya, tetapi untuk memonitoring dan menjaga berat badannya setelah turun. Poin terpenting adalah banyaknya perbedaan program diet yang ditawarkan baru-baru ini. 
Banyak diet menyarankan anda untuk mengikuti tahapan dengan derajat kalori yang berbeda (ada yang 1500 kalori, 2000 kalori dsb). Sering fase induksi terjadi dalam program diet,atau saat anda menghindari makanan (atau setiap grup makanan yang masuk ) dan kalori akan turun drastis. Setelah itu orang yang diet memulai menambahkan makanan dan kalori kedalam program dietnya. Akhirnya masuk ke “fase maintenance” dimana mereka memakan lebih kalori daa memulai program diet.
Tetapi apa yang diceritakan oleh anggota NWCR kepada kami adalah bahwa orang yang menurunkan berat badan melanjutkan mengikuti program diet yang sama selama proses penurunan badan dan setelah dapat menurunkan berat badan. Yang perlu digaris bawahi adalah tidak ada perbedaan tindakan dalam memulai menurunkan berat badan dan menjaganya kecuali menata kembali olahraga dan kalori untuk menjaga berat badan. Ini adalah pelajaran paling penting dari NWCR : Tidak ada kebiasaan sehat yang selesai ketika menjaga menurunkan berat badan. Oleh sebab itu sangat penting untuk merubah kebiasaan secara perlahan-lahan dan memilih aktivitas (olahraga) yang sesuai dengan diri anda sendiri untuk jangka waktu yang lama.

Menciptakan kebiasaan monitoring diri anda sendiri 
Ada banyak cara untuk monitoring diri anda sendiri dan meyakinkan andabahwa tidak ada yang menjauhkan anda dari kebiasaan sehat,dan ini sangat nudah untuk melakukannya. Beberapa pilihannya adalah : Berlangganan jurnal makanan, jurnal olahraga, mengukur lingkar tubuh anda dan mengetes lemak tubuh.



















Dari Paige Waehner About.com Health's Disease and Condition content is reviewed by our Medical Review Board

3 komentar:

  1. Wow, thank you....bagus sekali tipsnya.....saya lagi dalam proses menjalankan tips anda...dan saya berharap bisa turun...hehhehee....
    tp saya ingin bertanya, apakah boleh jika saya sering makan ditengah malam, saya selalu lapar dimalam hari....hehehehe....mohon jawabannya yah....
    btw thx sekali lagi yah...n jika anda berkenan, mohon juga kunjungnnya ke web saya...^^....

    Salam,
    James
    The Best Movie Review

    BalasHapus
  2. mending anda mengganti asupan makan anda dengan buah.
    jangan makan atau minum susu maka nanti usaha anda juga akan sia2.

    BalasHapus
  3. Anonim21.48

    customer kami di biofit program ada yang berhasil menurunkan 17kg dlm 1,5bln dan dalam 3 bulan turun 25kg lingkar badan mengecil 35cm. ukuran celana dari XXL menjadi M.
    Bila SERIUS ingin MENURUNKAN BERAT BADAN, bisa menggunakan ramuan alami BIOFIT.
    dalam 1 bulan program biofit rata-rata bisa menurunkan 5-12kg/bln. lingkar badan seperti perut, paha, lengan bisa mengecil.
    menormalkan kolesterol, menghaluskan kulit dan kulit tidak kendur.
    kami menyediakan 4 macam paket utk menurunkan berat badan :
    -paket pertama (utk menurunkan berat 2-8kg)
    harga 150.000
    penggunaan 30 hari
    -paket kedua (utk menurunkan 4-10kg)
    harga 275.000
    penggunaan 60 hari
    -paket ketiga (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 420.000
    penggunaan 60 hari
    -paket keempat (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 550.000
    penggunaan 90 hari
    masing-masing paket perbedaan ada pada kecepatan menurunkan berat badan dan pada hasil akhir yang di dapat.
    bagi yg ingin SERIUS bisa hubungi saya
    di 0878 3232 7700

    BalasHapus