16.11.11

Jenis Makanan yang Membantu Memecah Asam Laktat

Banyak atlet, khususnya pelari, mengalami penumpukan asam laktat pada otot mereka setelah melakukan aktivitas fisik (olahraga) yang berat. Hal ini akan lebih mungkin terjadi ketika atlet mengambil cuti dari rutinitas latihan normal, kemudian melakukan latihan kembali. Meskipun pertahanan terbaik untuk memecah asam laktat adalah dengan melakukan latihan lebih banyak dan teratur, namun makanan juga bisa membantu memecah penumpukan asam laktat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu memecah penumpukan asam laktat:
1. Buah-buahan
Hal paling penting yang harus diingat ketika memilih makanan untuk melawan penumpukan asam laktat adalah dengan memilih makanan yang bersifat basa atau non-asam. Banyak buah jenis basa yang dapat membantu mengurangi penumpukan asam laktat. Salah satunya adalah alpukat. Selain mengandung lemak baik (HDL), alpukat juga bisa membantu mengurangi asam laktat. Buah lain yang memiliki khasiat sama diantaranya adalah tomat, jeruk limau, jeruk bali, dan grapefruit (sejenis jeruk). Tips lain, cobalah sediakan air perasan lemon segar setiap selesai olahraga. Sifat basa dari lemon membantu memecah asam laktat.
2. Sayuran
Hampir semua sayuran bersifat basa dan menyehatkan untuk dikonsumsi setelah aktivitas fisik yang berat. Konsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kubis, selada, brokoli, kubis Brussel, mentimun, kangkung, seledri, dan kacang hijau akan membantu melawan penumpukan asam laktat. Artichoke, bawang merah, kembang kol, lobak, cukini, wortel, bawang putih, dan daun bawang juga bersifat basa. Setelah melakukan aktivitas fisik (olahraga) berat, sediakan salad yang terdiri dari berbagai macam sayuran dengan dressing minyak zaitun, yang juga bersifat basa untuk mengurangi penumpukan asam laktat.
3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung lemak baik yang dapat membantu membuat rambut berkilau, menurunkan tekanan darah, dan menyehatkan kulit. Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, seperti biji labu, biji bunga matahari, dan biji rami, membantu mengurangi penumpukan asam laktat setelah aktivitas fisik panjang atau berlari. Kacang almond merupakan camilan yang bersifat basa yang bagus untuk membantu memecah asam laktat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar